Labels

entri terbaru

2013-01-28

pengajaran dan pembelajaran agrohidrologi


GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP)

Mata Kuliah

:

Agrohidrologi

Nomor Kode/SKS

:

PTN 3513 (2-1)

Deskripsi Singkat

:

Pada  semester  ini mahasiswa  mempelajari  tentang ruang lingkup agrohidrologi; Siklus hidrologi dan komponen-komponen serta variabel hidrologi; Proses-proses presipitasi, evapotranspirasi, infiltrasi, aliran permukaan dan air tanah serta metode perhitungannya; Neraca air umum, lahan dan tanaman; Perencanaan pengelolaan tata air ditingkat usaha tani; Pengelolaan sumber-sumber air untuk tanah.

Tujuan Instruksional Umum

:

Setelah menyelesaikan matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui pengertian, proses yang terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhi komponen siklus hidrologi dan mahasiswa mampu  menghitung/menganalisis komponen-komponen tersebut. Serta mahasiswa mengetahui teknik pengelolaan sumber air dan tata air ditingkat usaha tani.

Status Mata Kuliah

:

Kurikulum inti


 

 

 
Pertemuan ke
 
Pokok Bahasan
 
Tujuan Instruksional Khusus
 
Sub Pokok Bahasan
 
Dosen
 
1
 
Latarbelakang,
dan ruang lingkup Agrohidrologi
·   Mahasiswa mampu menjelaskan aspek kepribadian dan latarbelakang permasalahan agrohidrologi di bidang pertanian.
·   Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik air.
·   Mahasiswa dapat menyebutkan proporsi secara relatif sebaran air dalam berbagai bentuk fisiknya.
·   Landasan kepribadian dalam agrohidrologi
·   Latarbelakang permasalahan agrohidrologi di bidang pertanian
·   Karakteristik air di alam
·   Sebaran air di dunia
Momon
2
Siklus Hidrologik dan Komponennya
·   Mahasiswa dapat menjelaskan proses siklus hidrologik
·   Mahasiswa dapat menyebutkan komponen-komponen dalam siklus hidrologik.
 
·   Proses siklus hidrologik
·   Komponen-komponen dalam siklus hidrologi: Presipitasi, ETP, Infiltrasi, Aliran Permukaan dan Aliran air tanah.
 
Momon
3
Presipitasi
·   Mahasiswa mampu menjelaskan mekanisme terjadinya hujan.
·   Mahasiswa mampu membedakan tipe-tipe hujan
·   Mahasiswa dapat menerangkan dan membedakan serta menghitung besaran curah hujan rata-rata menurut berbagai metode.
 
·   Mekanisme terjadinya hujan
·   Tipe Hujan: Konvektif, Frontal dan Orografik.
·   Perhitungan curah hujan rata-rata dengan metode aritmatik, poligon dan isohet.
Yaswan
4  dan 5
Evapotrans-pirasi
·   Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian evapo-transpirasi (ETP) dan faktor penentunya.
·   Mahasiswa dapat menerangkan dan membedakan ETP potensial dan aktual.
·   Mahasiswa dapat menjelaskan pengukuran ETP dan pendugaan ETP
 
·   Evaporasi dan Transpirasi dan faktor-faktor penentunya.
·   Evapotranspirasi Potensial dan Aktual.
·   Pengukuran dan pendugaan ETP dengan metode evaporimeter Panci Klas A dan metode Thorthwaite.
 
Yaswan
6 dan 7
Infiltrasi
·   Mahasiswa dapat mejelaskan pengertian infiltrasi :laju infiltrasi dan kapasitas infiltrasi.
·   Mahasiswa dapat menjelaskan proses terjadinya infiltrasi dan faktor penentunya.
·   Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian koefisien resapan dan perhitungannya.
·   Mahasiswa dapat menerangkan model persamaan infiltrasi.
·   Mahasiswa dapat menduga laju dan volume infiltrasi serta mampu membuat kurva fitting infiltrasi Horton
 
·   Infiltrasi dan kapasitas infiltrasi
·   Proses terjadinya infiltrasi dan faktor penentunya.
·   Koefisien resapan
·   Model infiltrasi
·   Perhitungan infiltrasi dan pembuatan kurva fitting   metode Horton.
 
Yaswan
8
Ujian Tengah
 
 
 
9
Aliran Permukaan
 
 
 
·   Mahasiswa dapat mejelaskan pengertian dan proses aliran permukaan.
·   Mahasiswa dapat menyebutkan dan menerangkan faktor-faktor penentu aliran permukaan.
·   Mahasiswa dapat menghitung besarnya aliran (debit puncak) permukaan.
·   Proses aliran permukaan
·   Faktor yang mempengaruhi aliran permukaan
·   Perhitungan aliran pemukaan/debit dengan metode rasional.
Dwi Setyawan
 
 
 
 
 
 
10, 11dan 12
Neraca Air
·   Mahasiswa dapat mejelaskan pengertian dan manfaat neraca air.
·   Mahasiswa dapat menjelaskan dan membedakan neraca air dalam berbagai sistem.
·   Mahasiswa mampu menjelaskan model dasar neraca air
·   Mahasiswa dapat menghitung komponen neraca air: Curah hujan rata-rata metode:  regresi, statistik dan peluang; Accumulation of Potential Water Loss (APWL); Kadar Air Tanah; Evapotranspirasi aktual (ETA); Surplus; Defisit dan runoff.
 
·   Pengertian dan manfaat neraca air.
·   Model dasar neraca air
·   Neraca air dalam berbagai sistem: tanah-tanaman-atmosfer
·   Perhitungan komponen neraca air metode Thornthwaite.
 
 
 
Dwi S
13 dan 14
Pengelolaan air ditingkat usaha tani
·   Mahasiswa dapat menjelaskan pegelolaan air pada berbagai tipologi lahan berdasarkan kandungan air tanah
·   Mahasiswa dapat menjelaskan Sistem dan desain pengairan dan drainase pada tingkat usaha tani.
 
 
·   Pengelolaan air untuk berbagai tipologi lahan.
·   Sistem dan desain pengairan dan drainase pada tingkat usaha tani (termasuk indegenous knowledge).
 
 
Momon
15 dan 16
Pengelolaan sumber air tanah
·   Mahasiswa dapat menjelaskan Sumber-sumber air Tanah
·   Mahasiswa dapat menjelaskan Pengelolaan sumber air Tanah untuk pertanian
·   Sumber-sumber air tanah
·   Pengelolaan sumber air tanah untuk pertanian.
Momon

 

 Referensi :

1.    Chay Asdak. 1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai.  Gadjah Mada Univ. Press.  Yogyakarta.

2.    Suyono Sosrosudarsono dan Kensaku Takeda.  1999.  Hidrologi Untuk Pengairan.  PT. Pradnya Paramita.  Jakarta.

3.    Handoko.  1993.  Klimatologi Dasar :Landasan pemahaman fisika atmosfer dan unsur-unsur iklim.  Jurusan Geografi dan Meteorologi FMIPA-IPB.  Bogor.

4.    Handoko.  1994.  Dasar Penyusunan dan Aplikasi Model Simulasi Komputer untuk Pertanian.  Jurusan Geografi dan Meteorologi FMIPA-IPB.  Bogor.

5.    Robiyanto H.S. dan Rahmad H.P.  1998.  Hidrologi dan Pengendalian Jumlah Air. Terjemahan dari : Hydrology and Water Quantity Control (Martin P.W ).  Pusat Penelitian Manajemen Air dan Lahan. Unsri. Palembang.

6.    International Institute for land Reclamation and  Improvement.  1974.  Drainage Principles and Applications: Survey and investigations (vol.III). Wageningen.  Netherlands.

7.    Abujamin A.N dan Sobri E.  1999.  Analisis Neraca Air dan Pola Tanam. FMIPA-IPB. Bogor

0 komentar:

إرسال تعليق